You are here
Militer 

SPR-2 Menggetarkan Dunia

ffcb8aa16c935a01fa89e649277c4515

JAKARTA (LN)- Senapan runduk SPR adalah singkatan dari Senapan Penembak Runduk produksi PT. Pindad, Indonesia. Senapan ini memungkinkan penembak untuk mengatur ketinggian posisi dan stabilitas senapan dengan cara mengatur bipod pada bagian bawah depan laras, melihat sasaran dengan alat bidik tipe teleskop menjadikannya senapan runduk dengan akurasi yang tinggi. Senapan runduk ini tersedia dalam tiga varian yaitu SPR-1 dan SPR-3diisi dengan peluru kaliber 7,62 x 51 mm, sedangkan SPR-2 diisi dengan peluru kaliber .50 BMG atau 12,7x99mm.

PINDAD SPR-2 merupakan senjata anti material berpresesi tinggi yang dibuat oleh PT. Pindad, Spesifikasi dasar dari senapan SPR-2 hampir sama dengan tipe SPR-1 dengan masih mengadopsi sistem mekanisme bolt action akan tetapi memiliki fitur yang lebih baik dari versi sebelumnya antara lain memiliki magazine chamber, posisi stock yang dapat diatur, dan kemampuan menembus plat baja setebal dua sentimeter dalam jarak 1000 meter. Hal ini dimungkinkan karena SPR-2 menggunakan peluru kaliber .50 BMG sebagaimana yang digunakan oleh “Heavy Sniper Rifles” atau “Anti Material Rifles” lainnya. Dengan berat sekitar 16 Kg, senapan ini juga memiliki dimensi yang sangat besar. Kendati terinpirasi produk-produk senapan anti material yang sudah ada. SPR-2 didesain sendiri oleh PT Pindad, Walaupun pada sebagian bentuk, masih mengambil desain dari senapan Zastava Black Arrow M93 buatan Serbia dan Denel NTW-20 buatan Afrika Selatan.

Jenis peluru senapan sniper SPR-2 buatan PT. Pindad ditakuti banyak negara. Pasalnya peluru ini mampu menembus kendaraan lapis baja. Senapan SPR-2 juga memiliki amunisi yang terbilang istimewa, bisa memberi 3 efek sekaligus. Menembus, membakar dan meledak di dalam target dalam satu waktu, PT. Pindad memproduksi senapan sniper SPR-2 untuk digunakan KOPASSUS dan saat ini PT. PINDAD sedang memproduksi sebanyak 150 pucuk SPR-2 untuk dipakai oleh KOPASSUS.

 

 

 

Related posts

Leave a Comment